Tekhnisi/Pilot ROV (Remotely Operated Vehicle)

Spread the love

Rovs-KRI RIgel

Dalam bidang perminyakan dan gas lepas pantai, baik di dalam maupun luar negeri, penggunaan ROV sudah tidak asing lagi. Mulai dari perencanaan, pemasangan atau konstruksi sampai dengan perawatan fasilitas bawah laut tidak lepas dari peran ROV.

Untuk mengoperasikan ROV dibutuhkan seorang operator dan tekhisi,  sedangkan saat ini di negara kita yang notabene banyak bertebaran pengeboran lepas lepas pantainya, tapi para operator dan tekhinisi ROV masih banyak menggunakan tenaga asing…ironis emang.. tapi itulah fakta. nah jadi jika Anda tertarik untuk bekerja menjadi tekhnisi ROV, artikel ini akan memberikan Anda sedikit informasi dan gambaran nya .

Apa Itu ROV

ROV adalah alat/kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, terutama digunakan untuk pekerjaan bawah laut. Dengan kata kata lain ROVs itu adalah robot/kapal selam kecil/kendaraan bawah laut, yang dilengkapi dengan kamera, lampu sorot dsbnya,  Digunakan utamanya sebagai ‘kendaraan’ bawah laut yang berguna untuk mendapatkan gambar ‘real-time’, selain itu ROVs juga mulai digunakan untuk melakukan pekerjaan yang dahulu masih dilakukan oleh manusia (Diver/penyelam Laut Dalam), Selain alasan keamanan, juga masalah efisiensi juga menentukan penggunaan ROV

NOAA Ocean Explorer: Arctic Exploration 2002

ROV-2

Sejarah ROV

Secara pasti siapa yang pertama kali membuat ROV tidak diketahui secara jelas. Sebutan ROV sendiri pertama kali dibuat oleh Dimitri Rebikoff tahun 1953, yang membuat ROV dengan nama POODLE, kemudian pengembangan teknologi ROVs di lakukan awal tahun 1960-an oleh Angkatan Laut AS dengan nama “Cable-Controlled Underwater Recovery Vehicle” (Curv).

Berbasis teknologi ini, industri minyak & gas lepas pantai menciptakan ROV tipe pekerja untuk membantu pembangunan ladang minyak lepas pantai mereka. Setelah lebih dari satu dekade dari pertama kali diperkenalkan, ROV lalu menjadi alat yang penting di tahun 1980, dimana ketika itu banyak sekali pengembangan pengeboran lepas pantai baru.

Apa Komponen utama dari ROV?

Control Room (untuk pilot/operator mengontrol ROV), Workshop (untuk melakukan perbaikan & pemeliharaan pekerjaan), ROV (Remotely Operated Vehicle), TMS (Sistem Manajemen Tether), Subsea Umbilical, Winch dan A-Frame (untuk meluncurkan dan mengembalikan ROV).

Apa Lingkup Pekerjaan Dalam ROV Industri?

ROV biasanya ditempatkan di kapal atau anjungan minyak lepas pantai, robot/kendaraan ini diluncurkan ketika ada pekerjaan bawah laut . Biasanya, engineer/technisi ROV ada 3 orang dan berkerja sacara shif 12jam-12 jam, 1 bulan kerja dan 1 bulan off kerja, tetapi bisa jadi lain perusahaan lain pula sistem nya. lingkup pekerjaannya meliputi meluncurkan ROV, mengoperasikan ROV untuk melakukan pekerjaan dan kemudian perawatannya.

ROV merupakan bagian tak terpisahkan dari anjungan lepas pantai dan selalu harus dalam kondisi siap dioperasikan. Jika ROV rusak, tentu banyak uang yang dikeluarkan oleh perusahaan , sehingga engineer/teknisi ROV harus selalu memantaunya, untuk memastikan ROV 100% siap untuk dioperasikan.

Siapa Aja Yang Bisa Menjadi Operator/Pilot, Tekhnisi ROV

ROV adalah robot mekatronika, yang terdiri dari komponen mekanis/hidrolik dan elektronik. Lulusan dari Elektronika, Teknik, Listrik atau berlatar belakang pendidikan marine industri salah satunya marine engineer , Dapat mengisi pekerjaan ini. . biasanya di mulai dengan posisi sebagai teknisi junior kemudian naik menjadi pengawas(suverpisor) ROV .

Untuk memulai karir di industri ROV,  tentu saja di butuhkan Training/kursus sebagai pengantar awal untuk mengenal seluk beluk tentang ROV,   karena untuk menjadi seorang pilot/operator atau tekhnisi ROV di perlukan juga sertifikat.

Sekarang ini dan ada banyak tempat kursus/training di seluruh dunia yang menawarkan pelatihan tersebut, walaupun kursus ini tidak gratis tetapi tempat2 kursus ini biasanya dapat membantu untuk mencarikan pekerjaan kita . ya paling2…2x atau 1x..gajian mungkin sudah balik modal blehhh..

Tentang Benefit/Gaji

Umumnya  gaji di industri ROV  dalam industri Minyak dan Gas..oke punya lah.. bisa jadi  gaji nya bisa melebihi gaji  yang pernah anda dapatkan saat bekerja di kapal .

Tempat kursus yang terdekat adalah di Singapura dan malaysia karena di negara kita belum ada infonya lembaga yang menyediakan kursus ini,  biayanya saat ini tahun 2016, kalo di singapore adalah SGD 6500  , sedangkan untuk di malaysia saya blum ada datanya ..jadi bisa di cek langsung ya….termasuk sarat2nya…semoga artikel ini bermanfaat, salam pelaut..jangan lupa like nya…ya 😆

Alamatnya Kursus

1.KBA Training Centre Pte,
26 Changi North Crescent,
3rd Floor,
Diethelm Keller Building,
Singapore
499637
2.BERMUDA Subsea (M) Sdn. Bhd.
E-42-G, Block E, Bistari De Kota,
Jalan Teknologi 3/9 PJU-5, Kota Damansara,
47810 Petaling Jaya, Selangor,
Malaysia
T : +603 6150 6989
F : +603 6151 4989
E : bssb@bermudasubsea.com.my

Comments

comments

loading...