SekolahTinggi Pelayaran

Seperti kita ketahui dari pelajaran sejarah di SD dulu, bahwa sejak jaman kuda gigit besi.. nenek moyang kita sudah terkenal sebagai pelaut-pelaut jempolan,  maka nya ada lagu yang berjudul nenek moyangku seorang pelaut ,  dengan beraninya  mereka berlayar hingga sampai ke afrika sono…bisa di bayangkan gimana tangguh nya nenek moyang kita saat itu…dengan kapal kayu dan alat navigasi seadanya belayar bisa sampai jauh pisan. Soalnya jaman sekarang dengan kapal besi aja ga usah ke aprika sono…belayar di kolam susu aja kalo lagi musim ombak, kena senggolan nya aja udeh lumayan…wes…ewek…ewek.. muter juga nih perut… apalagi kalo pake nyebrangin samudera yang ombaknya di kenal emosian..he..he, terus ke sononya pake kapal kayu…wah ,kalo saya di suruh mimpi nya aja  ogah deh..tuh.

Indonesia Sebagai negara maritim yang lautannya lebih luas dari tanah abang.eh.. maksudnya daratan, tentu  membutuhkan banyak transportasi laut untuk angkutan orang dan barang, otomatis tentu banyak juga di butuhkan pelaut-pelaut yang trampil di bidangnya. untuk tujuan tersebut maka pemerintah mendirikan sekolah sekolah pelayaran di beberapa kota besar di indonesia. selain itu sudah banyak juga sekarang  sekolah sekolah tinggi Pelayaran dan akademi pelayaran milik swasta .

Berita bagusnya walaupun tiap tahun ratusan pelaut baru  di luluskan oleh sekolah pelayaran negri dan swasta,  kenyataannya negri ini masih minus alias kekuranagan tenaga pelaut tranpil, untuk mengisi posisi di armada aramada perusahaan pelayaran.  Berita baik ini tentu kesempatan bagi agan-agan yang berminat berkarir di dunia maritim. Berita ga bagusnya masih banyak juga perusahaan pelayaran kita yang cuma pengen meras tenaga para pelaut doang, misalnya standar gajinya kecil, tapi kerja , kaya krja rodi..over time  boleh tapi gratiss..tis…tunjangan2 yang seharus nya di sediakan perusahaananya ..di bikin ga jelas..dlll deh. makanya banyak pelaut yang cari kerja di luar sono…dari pada kerja di kapal dalam negeri.

Tapi jangan patah arang, itu cuma secuil perusahaan yang ga bonavide, yang bonavide masih bejibun di luar sana, Nah bagi yang mau berkarir dengan menjadi pelaut profesional di kapal-kapal niaga, pesiar atau kapal off shore di dalam dan luar negri, silah kan tentukan dari awal dari mana agan-agan mau mulai berkarir, mau mulai dari bawah atau langsung jadi perwira dengan terlebih dahulu menjadi taruna di sekolah tinggi ilmu pelayaran  atau sekolah sekolah lainnya silahkan deh pilih.

Inilah daftar Sekolah Tinggi Pelayaran  milik pemerintah  dan   badan Diklatnya yang berada di bawah naungan  departement perhubungan Laut, dan Sekolah Tinggi Pelayaran Swasta yang ada di indonesia.

loker pelaut, lowongan pelaut, lowongan kerja pelaut, stip, sekolah pelayaran, akademi ilmu pelayaran, info lowongan kerja,

Daftar Sekolah – Sekolah Tinggi Pelayaran

A. Sekolah Tinggi Pelayaran Negri

1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Jakarta (STIP)
Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone: (62-21) 8899.1618 (Hunting) dan (62-21) 4483.4345 | Fax: (62-21) 4483.4345
E-Mail: webmaster@stipjakarta.ac.id

2. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP).Semarang
Alamat: Jl. SingosariNo 2A Semarang 50242
Nomor Telepon: 024 8311527, 8311528
No Faks: 024 8311529
Website: www.pipsmg.ac.id
E-mail: pipsmg@pipsmg.ac.id

3. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP). Makassar
Alamat: Jl. Tentara Pelajar 173, Makassar 90172, Sulawesi Selatan
Telepon: (0411) 316975
Faks.: (0411) 316974
Website: http://www.pipmakassar.com dan http://www.pipmakassar.ac.id
E-mail: pipmks@pipmakassar.com dan pipmks@indosat.net.id

B. Badan Diklat Milik Pemerintah di Bawah Naungan Departemen Perhubungan Laut

1. Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran. BP3IP
Alamat :Jl. Danau Sunter Utara Blok G
Sunter Podomoro
Jakarta 14359
+ Tel: (021) 6510754 / 6519775
+ Fax: (021) 6510722
+ e-mail: bp3ip@bp3ipjakarta.ac.id

2. Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran. BP2IP. Tanggerang
Alamat : JL. Raya Karang Serang No.1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, BANTEN
Kode Pos : 15530, Kotak Pos : 284
Telp. (62-21) 59370327, 59370328, 59370329 Ext. 1040
Fax. (62-21) 59370330
E-mail : bp2iptng@bp2ip-tng.sch.id; bp2iptng@indosat.net.id
Website: www.bp2ip-tng.sch.id

3. Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya
Kampus I : Jl. Raya Hang Tuah No. 5, Surabaya, 60155
Telp. (031) 352.3685, 355.8785 Fax. (031) 354.6028, 355.8785
Email : info@bp2ip-surabaya.ac.id, www.bp2ip-surabaya.ac.id,
Kampus II : Jl. Gunung Anyar – Surabaya Selatan

B.  Sekolah Tinggi Pelayaran Swasta

1. Akademi Maritim Djadajat. Jakarta
Alamat : Jl. Marunda Tiram, Cilincing
Jakarta 14150, DKI Telepon: 44851670, Fax: 44852206,
Website: www.am-djadajat.ac.id.
Email: am_djadajat@yahoo.com

2. Sekolah Tinggi Ilmu Maritim ” AMI ” (Stimar AMI). Jakarta
Alamat : Jl. Pacuan Kuda No. 1 – 5 Pulomas
Jakarta Timur 13210
Telp. (021) 4754729; 4752544; 4754730
Fax. (021) 47861144
Email: info@stimar.ac.id
Website : www.stimar.ac.id

3. Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni). Semarang
Alamat : Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Semarang
telp. +62 24 8446272
Pax . +62 24 8446271
Website : www.akpelni.ac.id

4. AMI Medan
Alamat: Jl Brigjend Bejo No.125, Pulo Brayan, Medan, Indonesia –
Telpon : (061)-6615034
Faks: (061)-6615034
Email: info@ami-medan.ac.id
Website : www.ami-medan.com

5.AMI AIPI Makasar
KAMPUS BIRU JL. GATOT SUBROTO BARU NO. 54 Makassar – 90211
T e l p : 0411-4666099 – 444242
F a x : 0411-450970
e-mail : aipi_makassar@yahoo.com.sg
www.geocities.com/aipi_makassar
sms centre : 081242942669

6. AMI VETERAN Makassar
Alamat : JL. NURI BARU NO.1 MAKASSAR
Telp. +62 411 836860, 831260
Fax. +62 411 8113151
Email : N/A
Website : www.amiveteran.com

7. Akademi Maritim Indonesia Bitung
Alamat : Jl. Piere Tendean Manembo-Nembo, Bitung 95545, Sulut
Telepon: 0438-30556, Fax: 0438-32933,
Website: N/A
Email: amibtg@yahoo.com
(Bersambung)

Comments

comments

Email
Print