Perawatan Air Ketel Uap atau Boiler

boiler water at loker pelaut.com

Artikel ini di tulis buat yang belum tau atau lupa mengenai gimana cara perawatan air ketel, dan  sebagainya, tapi bagi yang udeh tau dan hapal guimana cara merawat air ketel , mungkin artikel ini bisa di skipe aza yaaaa. 😆 … walaupun pekerjaan ini ringan coi… namun masih banyak juga tuh  engineer yang belum tau atau lupa, mungkin bisa juga ya waktu prola nya dapat kapal odong2, sehingga yang ada di kapalnya bukan ketel uap, tapi ketel yang di dapur buat ngopi..piss yaa ..hehehe

Mudah2an info bisa menambah pengetahuan agan-agan…mengenai perawatan air ketel uap

Apa itu Perawatan Air Ketel Uap

“Emang maksud nya apa tuh air ketel aza musti di rawat?” tanya pak Ogah.”Tentu Aje ada dong maksudnya, koplak amir pertanyaan lo coi..” jawab: si Komeng “.

Perawatan air ketel uap ini sangat di perlukan untuk mempertahankan kondisi pipa-pipa air(ketel pipa air) agar tetap terawat dengan baik, untuk long life nya tuh pipa2 air ketel uap

Kalo nggak di rawat tuh  kerak-kerak (scale) pada numpuk melekat di bagian dalam pipa-pipa air ini shg bisa mengakibatkan penebalan pipa-pipa ini, yang otomatis membuat semakin kecil diameter dalam pipa tersebut, maka air yang mengalir jadi sedikit , yang akhirnya pembakaran di dalam dapur pembakaran harus dinaikan untuk menghasilkan produksi uapnya.

Peningkatan panas  akibat naiknya pembakaran tersebut tidak akan meningkatkan hasil produksi, malah bisa mengakibatkan “overheat” terhadap pipa ketel tersebut.

Periode Perawatan Air Ketel

itulah kenapa perawatan air ketel uap ini sangat penting dilakukan, dimana perawatan ini harus di lakukan setiap hari, atau minimal 2 hari sekali. kemudian Hasil nya di catat dan di evaluasi dan selanjut nya air ketel di berikan penambahan bahan kimia ataw chemical boiler water treatment.

Prosedur analisa perawatan air ketel uap ini, berlaku hampir untuk semua merk ketel uap berbagai tipe dan begitu juga bahan kimia/water treatment nya ini boleh dari berbagai pabrik pembuatnya.

Boiler water treatment untuk perawatan air ketel uap di indonesia banyak jumlah nya, tetapi sebaik nya yang di gunakan adalah yang sudah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah dalam hal ini yaitu dari derektorat jendral migas atau amdal, sehingga didapat kan hasil yang bisa di pertanggung jawabkan sebagaimana mestinya.

Persyaratan Air Ketel

Air tawar yang didapat kapal dari berbagai daerah pelabuhan dengan tampa kandungan kimia yang jelas membuat masalah umum terhadap perawatan air ketel, banyak sekali pelabuhan yang air nya mengandung banyak chloride, asam atau basa yang tentunya air-air ini akan sangat mempengaruhi perawatan air ketel

Apa saja persyaratan air Ketel, kenapa air pengisian ketel harus memiliki persyaratan, bagaimana cara nya mengetahui air pengisian ketel uap.

Syarat Pengisian Air Ketel Uap adalah sebagai berikut :

1. Bebas dari Kotoran

sehingga air ketel harus di periksa setiap hari melputi

  • Kadar Salinitas(garam), menggunakan alat Salinometer
  • Kadar Cholirida
  • Kadar Phospate
  • Kadar Alkhalinitas(basa), Menggunakan PH meter
  • Kadar Hydrazine ( untuk menetralisasir air )

2. Bebas dari Kekerasan
Kekerasan air ketel menyebabkan timbulnya batu2 yang mengendap dan melekat pada seluruh dinding pipa air

3. Bebas dari Keasaman
Keasaman akan memicu/meningkatkan permukaan meterial menjadi corrosive

4. Bebas dari Garam
garam akan memicu/meningkatkan air cepat mendidih dan terbentuknya endapan2 berupa batu2 ketel

5. Bebas drai Gas
Gas2 O2 dan CO2 akan memicu material corrosive

6. Harus bersifat Alkalis
Alkalis dengan konsentrasi normal berkisar antara 9,5 – 11 dengan menggunakan PH scale.

Prosedur Pengetesan Air Ketel

sekarang kita mulai dari prosedur pengetesan secara kimia untuk menghasilkan seberapa banyak kandungan unsur-unsur kimia yang terdapat didalam air tersebut.

Pengetesan air ketel ini harus di lakukan setiap hari minimal 2 hari sekali untuk menghindari terjadinya keterlambatan terhadap pemantauan kondisi air, yang bisa mengakibatkan kerusakan di dalam sistem dalam jangka waktu tertentu.

Cara Pengetesan Kandungan Pospat

Air ketel diperiksa dengan menggunakan zat2 bahan kimia(chemical)

  1. Masukan 5 mililiter(ml) air ketel yang telah di saring dengan paper filter ke dalam tabung analisa pospat, yang sudah ada tanda ukuran mililmeternya.
  2. Tambahkan 12,5ml Molibdate Reagent ke dlm tabung posphat sampai batas tanda 17,5 ml.
  3. Tambahkna satu takaran kecil SnCL2 dan kocok sampai rata
  4. Bandingkan warna kebiru-biruan dari tabung pospat dengnan Comparator,ppm(part permilion),pospat dan hasilnya dpt langsung dibaca.
  5. Hasil kandungan pospat antara 20 ppm, 40ppm, 60ppm, 80 ppm dan yang terbaik adalah yang terendah (20 ppm), shg tidak perlu adanya tambahan bahan kimia (tipa pabrik berbeda kode bahan kimia nya) walaupun cara pengetesan nya sama.( Bersambung)

 

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76