Pentingnya Pengecekan Crankshaft

Poros EngkolPoros engkol(Crankshaft) mesin diesel adalah salah satu komponen mesin yang harus di jaga perawatannya, hal ini di lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan serius pada mesin tersebut. Kita harus belajar tentang defleksi pada crankshaft dan bagaimana untuk menjaga limit ukurannya kesejajarannya.

Penting nya Mengukur Deflection

Berat crankshaft didukung oleh bantalan utama di jurnal. Selama periode waktu, dimana mesin terus berjalan, tingkat keausan setiap bantalan sepanjang poros engkol ini tidak lah sama. Ini menyebabkan crankshaft tidak akan tetap dalam garis lurus seperti semula, akan didapati bengkok baik ke atas atau pun ke bawah pada derajat yang kecil yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang tapi bisa cukup untuk menimbulkan tingkatan bahaya, pada crank-webs.

Oleh karena itu diperlukan untuk mengukur defleksi poros engkol secara berkala untuk memastikan bahwa keselarasan poros berada masih dalam batas yang diperkenankan.

Cara Mengukur Deflection Crankshaft

Buka penutup semua crankcase agar kita dapat melihat posisi crakshaft yang tepat, putar posisi nya dengan turning gear. Seperti gambar yang Anda lihat di bawah ini, dial gauge dimasukkan/diselipkan antara crank-web untuk mengetahui jarak antara mereka. Jika pengukuran deflection untuk yang kesekian kalinya, maka titik pengukuran ini harus diambil pada titik yang sama agar hasil ukuran yang di dapati merefleksikan ukuran sebenarnya dari yang pernah di ukur. Biasanya digunakan center punch untuk membuat tanda sehingga setiap kali defleksi diambil selalu pada titik yang sama.

Img : BrightHubEngineering.

Img : BrightHubEngineering.

Selain menggunakan cara yang sama untuk mengukur defleksi,  ada beberapa  faktor lainnya yang harus kita ingat, termasuk beban di kapal, trim, kelongaran dll.  Idealnya defleksi perlu dilakukan pada empat titik dari engkol yaitu atas, bawah dan kedua belah sisi nya. Dalam praktek nya walaupun ukuran bagian  bawah tidak diambil karena kemungkinan banyaknya kotoran  karena batang penghubung (connecting Rod), maka diambil di kedua sisi bagian bawah, sehingga total 5 pembacaan diambil dari masing-masing crank-web di posisi yang ditunjukkan oleh gambar berikut.

_small

(sumber : brighthubengineering.)

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76