Kerjasama Indonesia-Korea Tingkatkan Keselamatan Kapal dan Perlindungan Maritim

Menperla at Loker Pelaut. Com Jakarta,- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan kerjasama dengan organisasi di bawah naungan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Republik Korea yaitu Korea International Cooper ation Agenct (KOICA) dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Indonesia.Kerjasama tersebut diawali dengan ditandatanganinya Record of Discussion (RoD) dalam pertemuan antara Direktur Jenderal Perhubungan Laut dengan KOICA tentang proyek peningkatan kapasitas Ttrkait keselamatan kapal dan perlindungan lingkungan maritim di kantor Kemenhub, Jakarta, belum lama ini.

Dalam kerjasama tersebut, pihak KOICA akan memberikan konsultasi yang diperlukan pemerintah Indonesia untuk pengembangan sistem pendidikan dan pelatihan di Indonesia yang berkaitan dengan keselamatan maritim dan perlindungan lingkungan laut serta panduan teknis dalam mekanisme inspeksi kapal. Selain itu kerjasama ini dapat dimanfaatkan Ditjen Hubla untuk memperbaiki perundang-undangan Indonesia terkait pelayaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Capt. Bobby R. Mamahit dalam sambutannya menyampaikan
penghargaan kepada pemerintah Republik Korea khususnya KOICA atas kerjasama teknis dengan Ditjen Hubla pada proyek
peningkatan kapasitas terkait keselamatan kapal dan perlindungan lingkungan maritim .
“Melalui kerjasama ini, saya percaya bahwa kedua negara dapat berbagi teknologi terkini dan pengetahuan untuk
meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia”ujar Capt. Bobby R. Mamahit.

Capt. Bobby R. Mamahit juga berharap melalui kerjasama terebut dapat secara bersama-sama meningkatkan keselamatan kapal dan perlindungan lingkungan maritim di Indonesia dan di dunia. “Serta dapat memberikan keuntungan dan menjadi dasar untuk memperluas kerjasama pada suatu MoU lainnya antara Ditjen Hubla dengan KOICA,” ucapnya. (jeffry k)Sumber: Berita Raya Online.Com

Comments

comments

0 0 0 0