Mengenal System Pembilasan Pada Mesin Diesel 2 Tak

Apa itu Pembilasan

Pembilasan adalah proses dimana gas bekas pembakaran di dalam ruang bakar mesin/silinder harus segera dibilas/dibersihan/didorong keluar dengan udara bersih, dan selanjut nya silinder mesin ini diisi dengan udara murni untuk membuat pembakaran berikut nya yang sepurna, proses pembilasan ini terdapat pada mesin disel 2 tak.

Beberapa model Mesin Diesel 2 tak menggunakan sistem pembilasan yang berbeda-beda dimana masing2 sistem pembilasan ini mempunyai kelebihan maupun kekurangannya.

Tujuan Sistem Pembilasan

  1. Membersihkan gas-gas sisa pembakaran di dalam silider mesin, setelah gas bekas pembakaran bekerja melakukan langkah usaha.
  2. Mengisi ruang pembakaran mesin/silinder dengan udara murni yang banyak mengandung oksigen untuk menghasilakan pembakaran yang sempurna ( segi tiga api : oksigen/udara, bahan bakar, panas)
  3. Meningkatkan daya atau tenaga mesin
  4. Memberikan pendinginan sesaat pd torak, pegas torak, liner dan komponent2 pendukung lainnya.
  5. Membantu dorongan tekanan gas bekas, agar cepat keluar dari silinder mesin dan masih dimanfaatkan untuk menggerakan exhaust gas turbo charger.
  6. Mengurangi suhu gas buang yang keluar dari mesin, agar tidak terlalu tinggi, salah satu syarat gas buang yang keluar dari cerobong tidak boleh melebihi suhu 200 derajat Celcius (regulation ISGOT)

Kapan Terjadinya Proses Pembilasan

Proses pembilasan dimulai pada saat torak/piston berada pada +- 10% sebelum TMB sampai dengan +- 10% langkah torak sesudah di TMB, walaupun pd saat +- 20% sebelum TMB sampai +-20% langkah torak sesudah di TMB lubang-lubang gas buang sudah terbuka.

Udara bilas ini dihasilkan oleh blower side pada turbocarger yang di ambil udara sekitarnya, dimana tekanan udara nya berkisar skitar 1-2kg/cm dan jumlah udara yang sesuai dgn kondisi mesin dan RPM mesin.

Sistem Pembilasan Udara pada mesin diesel 2tak ada berbagai cara, tapi yang paling banyak digunakan dan terkenal adalah:

  1. Sistem Pembilasan Membalik
  2. Sistem Pembilasan Memutar
  3. Sistem Pembilasan Melintang
  4. Sistem Pembilasan Memanjang.

Sistem2 tersebut diatas ada yang memiliki kelebihan juga keuntungan .

1. Sistim Pembilasan Membalik (Loop Scavenging)

Pada Sistim Pembilasan Membalik , udara bilas di alirkan melewati lubang2 yang terdapat pada salah satu sisi/dinding silinder liner dengan sudut agak mendatar sehingga udara bilas akan mendorong gas buang pembakaran yang berada didalam silinder mulai dari atas permukaan torak, selanjutnya udara bilas ini naik ke atas dan kembali keluar melalui lubang2 gas buang yang posisi nya lebih tinggi(+-20% langkah torak) daripada lubang udar bilas tersebut(+-10% langkah torak).

Oleh karena letak lubang2 keluar gas buang terletak pada satu sisi dengan lubang2 udara bilas, maka gerakan udara bilas yang masuk ke dalam silinder bergerak membalik arah kembali ke sisi yang sama, shg sistem ini dinamakan sistem pembilasan membalik

2. Sistim Pembilasan Memutar(Round Scavenging)

Pada sistim pembilasan memutar cara kerjanya hampir sama dengan sistem pembilasan membalik, perbedaan nya adalah lubang2 keluarnya gas buang terletak pada posisi berseberangan dengan lubang2 masuk udara bilas. …Bersambung .

Jika ingin mempelajari Sistim Pembilasan pada motor diesel 2 tak yang lebih lengkap lagi bisa di pelajari di   Buku mesin disel Penggerak kapal ini.

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76