Mengenal Hovercraft Yang Ada Di Indonesia

Spread the love

Hovercraft adalah kapal yang selain bisa meluncur diatas air, bisa juga melayang tanah (daratan), Di negara negara maju seperti Amerika ataw Eropa sana sudah lumrah hover craft di gunakan untuk bernagai kebutuhan, seperti untuk kapal penyebarangan, kendaraan militer, sar dan lain sebagainya. Sekarang ini negara tetangga seperti singapura atau malasyia juga sudah memiliki kendaraan ini, bagai mana dengan indonesia,  negara kita juga tak mau ketinggalan.

 

Inilah Hover Craft – TNI AL

 

hover-craft 5

Hovercraft milik TNI AL dikembangkan oleh Ship Designer asal ITS.

Bentuk Hovercraft yang diproduksi di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) ini tak beda jauh dengan yang telah dipakai pasukan Angkatan Darat di Amerika. Kendaraan yang berjalan di atas bantalan udara (air cushion) ini juga sengaja difungsikan untuk mengangkut penumpang dan mengakses dari kapal menuju daratan dengan speed khusus.

hofercraf-al

Kendaraan atau kapal amphibi berdimensi 14,2 x 7 meter ini memiliki 25 knot ground speed dan 30 knot air speed. Dengan demikian, kendaraan ini dapat bermanouver, berjalan di atas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Maksimal, Hovercraft ini berkapasitas hingga 5 ton muatan. Dengan kapasitas bahan tanki bakarnya 1000 liter bensin, hovercraft buatan ITS ini mampu mengakses perjalanan ke darat dengan cepat “Maksimal dikendarai selama 2 jam,” tuturnya.

hovercraft TNI AL

Hovercraft Kartika – TNI AD

hovercraft kartika 5

 

TNI AD telah berhasil membuat Hovercraft yang diberi nama Kartika. Kendaraan yang dapat digunakan di perairan maupun di daratan ini dibuat oleh Dinas Litbang AD. Pada Februari 2011 Hovercfraft ini dipamerkan ke publik. Hovercraft yang memiliki kecepatan hingga 25 Knot ini mampu membawa beban hingga 5 ton sehingga muat untuk membawa 1 truck kecil. Fungsi utama dari hovercraft lebih digunakanuntuk mengangkut perbekalan TNI selain dapat pula digunakan untuk misi kemanusiaan lainnya.

 

hovercraft-kartika

spesifikasi yang diutarakan oleh awaknya, hovercraft terbesar yang pernah dibangun di Indonesia ini ditenagai oleh 2 buah mesin diesel berkekuatan 330Hp dengan thrust engine 2x502Hp. Secara teori hovercraft ini mampu dipacu hingga kecepatan 20-25 knot (cruising speed) dengan endurance 5 jam. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya adalah 28 knot (airspeed), atau setara 51 kilometer per jam.

Dalam dimensinya, Kartika memiliki panjang 14,2 meter, lebar 7 meter dan tinggi 3,1 meter. Untuk propeller menggunakan variabel pitch control dengan sistem belt transmision, sedangkan daya angkatnya (lifter) dan pengendalinya memakai sistem centrifugal fan yang terhubung dengan hydraulic motor.

kartika-hovercraft

Hovercraft  Basarnas

Basarnas juga memiliki  Hovercraft 380 TD yang berukuran kecil. Kendaraan amphibi yang  dibeli dari Inggris tersebut mampu melaju dengan kecepatan tinggi, memiliki daya tampung hingga 6 orang dan kendaraan

Antara foto

Antara foto

 

HoverCraft Kasuari – PT Freeport Indonesia

Amamapare-portsite Timika 1994

Amamapare-portsite Timika 1994

 

Sebelum nya juga di tahun 1994, PT Freepoort Indonesia sudah memliki hovercraft model C 7 buatan textron marine- amerika, pos nya di pelabuhan Amamapare, portsite timika, hover craft ini di kirim di lansung dengan kapal kargo dari dari new orleans, lokasi pertama nya beroperasi sebelum di kirim ke pelabuhan porsite. Hover crfat ini tadinya di khususkan untuk tamu tamu vip freeport, sehingga interiornya di buat mewah dengan sopa dan kursi empuk yang di lapisi kulit mahal, dilengkapi mini bar, proyektor untuk pemutar film dan asesoris, ruang kecil ganti pakaian dan di  toilet nya, sepert kran air, gantungan handuk dll  bahannya  di lapisi goldplate.

 

hovercraft-kasuari 2

Kasuari In Action

 

Hovercraft  ini ini di gerakan oleh 2x mesin diesel  merek deutz untuk 2 buah propeller nya, Mesin dengan sistem pendinginan udara, dan 1x mesin diesel deutz untuk menggerakan sentifugal fan untuk daya hovernya, speed nya bisa mencapai 25 knot, pada situasi air tenang dan kecepatan angin normal. bahan bakarnya cukup untuk perjalanan 4 jam.

loker-pelaut.com

Interior Kasuari

Pada tahun 1995 kapal ini dari pelabuhan Amamapare di pindahkan ke area  bandara M.Kilangi Timika di belakang hanggar pesawat milik PT Airfast, dengan menggunakan trailer khusus, untuk maintenance  perbaikan mesin  dan sistem penunjang lain lainnya, Namun  tampa alasan yang jelas perbaikan yang sudah berjalan 70 % di stop, akhirnya hovercraft ini terbengkalai, di halaman belakang Workshop GSE bandara Timika.

Dan  karena cuma di beri pelindung terpal plastik  dan separuh nya daun seng, saat musim hujan hovercraft ini kehujanan dan musim panas ya kepanasan, lama lama  interior dan sopa yang dulu bagus jadi kusam dan  Lcd sistem navigasi nya jadi rusak karena kepanasan dan lembab,  sampai sampai di bawah bantalan dan skirtnya ini cuma jadi sarang iguana dan ular, ,  sungguh sayang memang kapal yang mewah ini akhirnya cuma jadi onggokan sampah tapi bagi freeport yang banyak duit nya,  menyiakan nyiakan   hovercrfat yang mahal ini tentu tidak ada apa apanya..

(Dari berbagai sumber)

Comments

comments

loading...