Ketel Uap Kapal/Marine Steam Boiler

Ketel Uap/Steam Boiler

loker-pelaut.com

Scotch Boiler

Ketel uap atau steam boiler adalah sebuah bejana tertutup untuk menghasilkan uap dengan tekanan lebih dari 1 atm atau 1 bar, di dalam bejana tertutup inilah air di panaskan dengan pembakaran bahan bakar di dalam dapur ketel uap, sehingga menghasilkan uap2 panas bertekanan tinggi.

Uap ini selain bertekanan tinggi juga bersuhu tinggi, selanjut nya tenaga panas dan tekanan uap dari boiler atau ketel uap ini di ubah menjadi tenaga kinetis untuk mendorong sudu-sudu jalan(turbin) yang pada ahirnya memutar rotor turbin uap yang di hubungkan dengan poros baling-baling kapal.

Sudu2 Turbin

Pada Kapal2 super tanker dan kapal2 peti kemas yang berukuran besar, pada umumnya mesin penggerak utama kapalnya menggunakan turbin uap. Dengan demikian boiler atau kel uap adalah adalah pesawat atau mesin penghasil tenaga uap untuk menggerakan turbin uap sebagai mesin penggerak utama kapal.

Uap yang di hasilkan dari ketel uap ini selain untuk penggerak turbin uap, ada juga uap yg bertekanan lebih rendah yang di gunakan untuk menggerakan pesawat-pesawat bantu kapal sperti untuk menggerakan mesin listrik (steam turbin generator engine), pompa kargo/cargo pump, mesin derek/mooring winch, pemanas bahan bakar/fuel oil heater,pemanas air pengisian ketel dll.

Jenis-Jenis Ketel Uap

1. Ketel Uap Pipa Api (Fire Tubes Steam Boiler)

Adalah Ketel uap yang menggunakan ratusan pipa untuk di lalui api atau gas panas, yang memanaskan sejumlah air di luar/balik/sekeliling pipa2 tersebut.

2. Ketel Pipa Air (Water Tubes Steam Boiler )

Adalah Ketel yang memakai ratusan pipa atau ribuan pipa2 yang berisi air tawar yang kemudian di panaskan oleh sejumlah api atau gas panas.

Selain 2 jenis ketel tersebut di atas ada satu lagi Ketel Uap yang menggunakan Pemanas dengan Arus Listrik ( Thermal Boiler )

Ketel ini adalah ketel uap yang pemanas nya menggunakan elemen listrik, ketel ini juga di lengkapi dengan brunder brunder darurat yang kecil, di gunakan untuk kondisi darurat. Namun ketel uap ini hanya dapat menghasilkan uap yang bertekanan rendah , yang hanya bisa digunakan untuk pemanas muatan saja, tidak dapat di pakai untuk menggerakan pesawat uap apalagi untuk menggerakan turbin uap.

Kedua jenis ketel uap terbsebut diatas secara prinsip mempunyai cara kerja yang sama, perbedaannya hanya terletak pada pungsi pipa2 nya, yaitu untuk pipa air dan pipa api.

Comments

comments

0 0 0 0