Kegunaan Balancing Machine

balancing_machine_1

Definisi Balancing

Balancing adalah prosedur untuk mengetahui distribusi masa mesin yang berotasi, dan mengatur nya sedemikian rupa sehingga getaran yang dihasilkan dan di alamin oleh bantalan akibat putaran mesin masih tetap dalam tolenransi yang telah di tetapkan.

Tujuan balancing

sebuah komponen mesin yang tidak balance akan menimbulkan getaran dan beban berlebih yang harus di tanggung oleh komponen tersebut dan bagian bagian penyokong nya, oleh karena itu proses balancing berguna untuk :

  1. Memperpanjang umur bearing
  2. Meminimalkan getaran yang timbul
  3. Meminimalkan kebisingan yang timbul
  4. Menimalkan tegangan operasi
  5. Memperpanjang umur dan daya tahan komponen terhadap fatigue
  6. Memindahkan kerugian daya
  7. Meningkatkan kualitas produk

Balancing Machine/mesin pembalans di gunakan untuk memdeteksi, memcari lokasi di mana terdapat unbalance/ketidak seimbangan di dalam komponen. Kondisi balans adalah kondisi adalah kondisi yang tidak dapat di ukur tetapi dapat di deteksi melalui unbalance, sehingga mesin mesin pembalans hanya mendeteksi adanya unbalance bukan keadaan balans

Penyebab Umum Terjadinya Unbalans

  1. Tolenransi selama proses pabrikan, termasuk saat peleburan(casting), permesinan dan pemasangan
  2. Variasi yang terdapat pada material seperti cacat, porosity, perbedaan ukuran butir dan kecepatannya.
  3. Ketidak simetrian selama perancangan produk tersebut seperti perbedaan bentuk, lokasi dan sebagainya.
  4. Ketidak simetrian sebagai akibat operasi konponen seperti distorsi, perubahan ukuran karena tegangan torsional, gaya aerodinamis dan perubahan temperatur selama operasi.

Jenis-Jenis Unbalance.

  • Static Unbalance
  • Couple Unbalance
  • Quasi Static unbalance
  • Dynamic Unbalance

Mesin Pembalans/Balancing Machine

Berdasar kan pengoperasiannya mesin ini di kategorikan menjadi dua jenis yaitu :

  • Gravity Balancing Machine
  • Centrifugal Balancing Machine

Balancing Machine

Balancing Machine adalah alat untuk mengukur  balans atw tidak nya bagian mesin yang berputar seperti pada rotor motor listrik, kipas angin, turbin, rem cakram, disc drive, pompa, turbocharge, Crank shaft dsb nya.

Mesin ini biasanya terdiri dari dua tiang penyangga, dengan suspensi dan bantalan/bearing untuk mendukung platform pemasangan. Unit yang diuji di dudukan ke platform dan diputar, lalu getaran yang timbul dalam suspensi dideteksi dengan sensor dan hasil nya di informasi kan dan digunakan untuk menentukan jumlah ketidak seimbangannya.

Mesin ini juga dapat menentukan berapa banyak dan di mana untuk menambahkan bobot penyeimbang/pembalans. (sumber : digilib.itb.ac.id)

Gambar sebagian dari Mesin2 Pembalans/Balancing Machine yang ada

dynamic-bmbalancing machine2balancing_machine_1balancing machine3high-speed-balancing-machine-53056High-quality-Belt-Drive-Balancing-Machinemesin balansing

 

 

 

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76