Inilah 10 Kapal Yang Sudah Menggunakan Bahan Bakar LNG

LNG yang diharapkan sebagai  bahan bakar gas di masa depan, kini sudah semakin berkembang sebagai alternatip bahan bakar pada kapal laut. Studi menunjukkan bahan bakar gas LNG ini dapat mengurangi emisi nitrogen oksida (NOx) hingga sekitar 90 persen, sementara sulfur oksida (SOx) dan partikel emisi juga menjadi berkurang. Selain itu Bahan Bakar Gas LNG juga dapat mengurangi emisi CO2 yang timbul sebesar 25 hingga 30 persen dibandingkan kapal yang berbahan bakar diesel atau bahan bakar berat.

Dengan nilai pasar LNG saat ini di negara komersil seperti AS dan Eropa, harga LNG menjadi kompetitif dibandingkan bahan bakar berat (HFO) dan bahkan lebih menarik dibandingkan dengan bahan bakar gas rendah sulfur sebagai bahan bakar kapal.

Menyadari pentingnya LNG sebagai bahan bakar pada sektor perkapalan, hampir seluruh perusahaan pelayaran terkemuka telah meluncurkan kapal komersil berbahan bakar LNG sementara perusahaan lain juga mempersiapkan hal itu. Begitu pun dengan perusahaan pelayaran plat merah Indonesia, yaitu Pelni , yang baru2 ini sudah mengambil ancang2 untuk mengganti BB armada nya dengan BB gas. Di bawah ini adalah beberapa kapal yang sudah menggunakan dan di rencanakan memakai BB gas LNG

Inilah  beberapa kapal berbahan bakar LNG yang telah diluncurkan maupun yang masih dalam tahap pembangunan.

1. Isla Bella – Kapal Kontainer Berbahan Bakar LNG Pertama di Dunia

toteinc.com

toteinc.com

Dimiliki oleh TOTE, kerjasama dengan General Dynamics NASSCO, Isla Bella dengan bangga mengumumkan statusnya sebagai kapal kontainer berbahan bakar gas  LNG pertama di dunia. Kapal tersebut juga menjadi salah satu dari dua kapal kontainer kelas Marlin dan kapal kargo kering berbahan bakar gas LNG terbesar saat ini.

Kapal yang lolos kualifikasi Jones Act ini dilengkapi dengan sistem bahan bakar gas LNG yang dipatenkan oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) dan juga menjadi kapal pertama di dunia yang digerakkan oleh mesin berkecepatan rendah dengan bahan bakar ganda MAN MeGI.

Mesin ini secara drastis mengurangi emisi NOx hingga 98 persen, Sox hingga 97 persen, dan karbon dioksida sehingga 72 persen sehingga kapal tersebut menjadi kapal paling ramah lingkungan di kelasnya. Tidak hanya memiliki sistem penanganan air ballast, kapal ini juga mampu membakar diesel jika diperlukan sehingga emisi polusi udara pun dapat diminimalkan.

Isla Bella akan mempunyai teman yaitu Perla del Caribe yang di jadwalkan selesai di kuartal pertama tahun ini.

2. Kapal ConRo – Berbahan Bakar LNG Pertama

Crowley Maritime/YouTube

Pembangunan kapal ConRo berbahan bakar gas LNG pertama di dunia dimulai pada Oktober 2014. Desain kapal dirancang oleh Wartsila Ship Design bekerjasama dengan anak perusahaan Crowley, Jensen maritime.

Kapal ini dirancang untuk memaksimalkan pengangkutan peti kemas dengan tinggi 53 kaki dan lebar 102 inci yang menawarkan kapasitas kargo terbesar di sektor perdagangan tersebut, panjang kapal ini 219,5 meter lebar 32,3 meter, dan draft 10 meter dengan kapasitas bobot mati hingga 26.500 metrik ton.

Kapasitas kargo akan mencapai 2.400 TEU dengan ruang tambahan untuk 400 kendaraan di garasi Ro/Ro yang tertutup. Mesin penggerak utama dan bantunya akan menggunakan LNG yang ramah lingkungan.

Kapal ini akan dinamakan El Coqui (ko-kee) dan Taino (tahy-noh) dan akan menawarkan waktu transit cepat bagi pelanggannya, El Coqui dan Taino dijadwalkan akan dikirim pada kuartal kedua dan keempat tahun 2017 berturut-turut.

3. Creole Spirit – Inilah Kapal LNG Paling Efisien di Dunia

Creole Spirit adalah kapal LNG pertama Teekay dengan tipe M, Kendali Elektronik, dan digerakkan oleh Injeksi Gas (MEGI). Kapal tersebut menggunakan dua teknologi mesin yang disediakan oleh MAN Diesel – sistem pendorong MEGI yang hanya mengonsumsi 100 ton bahan bakar dibandingkan dengan sistem Elektronik Diesel Berbahan Bakar Ganda yang mengonsumsi 125-130 ton per hari.

Selain mesin, pengurangan jumlah silinder yang membutuhkan perbaikan, penurunan ukuran sistem elektronik, dan pengenalan sistem reliquefaksi parsial pasif juga meningkatkan efisiensi keseluruhan dan mengurangi biaya. Dengan demikian, Creole Spirit menjadi kapal LNG terefisien dan biaya pelayaran terendah.

Creole Spirit saat ini berada dalam kontrak penyewaan dengan Cheniere dan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2016.

creole-spirit

4. Kapal Ferry RoPax – Berbahan Bakar LNG Dengan kecepatan Tinggi Pertama di Dunia

Kapal Ferry RoPax dengan bahan bakar LNG dan berkecepatan tinggi pertama di dunia telah dibangun untuk operator asal Swedia, Rederi AB Gotland, akan digerakkan dengan LNG, dan akan memiliki solusi terintegrasi dari Wartsila. Dengan beroperasi menggunakan LNG, kapal feri sepanjang 200 meter ini akan memenuhi peraturan International Maritime Organization’s (IMO) Tier III tentang emisi nitrogen oksida (NOx).

Kapal tersebut akan mengangkut 1650 penumpang, memiliki jalur trailer sepanjang 1750 meter, dan mampu mengakomodasi mobil penumpang, mobil kemah, dan bis. Kapal ini dirancang untuk memenuhi tingkat kenyamanan tinggi masyarakat klasifikasi DNV-GL untuk iklim, kebisingan, dan getaran.

lokerpelaut.com

Wartsila.Com

Tanggungjawab Wartsila mencakup empat mesin bahan bakar ganda Wartsila 50DF, dua gear boks, dua pendorong yang dapat dikendalikan dengan sistem kontrol jarak jauh, dua kemudi Energopac, dua pendorong, empat set tambahan bahan bakar ganda Wartsila 20DF, dua sistem penanganan gas bahan bakar Wartsila LNGPac, beberapa unit katup gas, sistem anti bising yang ringkas (CSS), sistem pengelolaan air ballast yang disahkan oleh IMO yaitu Wartsila Aquarius UV, sebuah Oily Water Separator, dan satu unit Bilge Water Guard untuk memantau dan mencegah air berminyak dibuang ke laut, layanan pengelolaan proyek, layanan teknisi integrasi, layanan penugasan, dan pengawasan di tempat salama pemasangan. Pengiriman peralatan Wartsila akan dimulai pada akhir tahun 2015 dan kapal akan beroperasi pada tahun 2017.

5. Kapal Pesiar Berbahan Bakar LNG Pertama di Dunia

lokerpelaut.com

Wikipedia.Org

Carnival Corporation memesan 4 kapal pesiar berbahan bakar LNG. Dua kapal di antaranya akan bergabung dengan armada AIDA Cruises. Pembangunan kapal akan dilakukan di galangan kapal Meyer Werft dan Fincantieri S.p.A.

Keempat kapal baru tersebut juga akan memiliki desain pelayaran ramah lingkungan. Kapal tersebut akan menjadi kapal pertama dalam industri kapal wisata yang berlayar di laut dengan bahan bakar Liquefied Natural Gas (LNG) yang merupakan bahan bakar fosil terbersih di dunia dan menandakan peningkatan lingkungan.

Berdasarkan desin kapal baru inovatif dari Carnival Corporation, tiap kapal generasi beru tersebut akan memiliki kapasitas total hingga 6.600 tamu dengan lebih dari 5.000 dermaga lebih rendah, bobot lebih dari 180.000 gross ton, dan berbagai fitur ramah tamu.

Kapal tersebut menjadi kapal pertama di industri kapal wisata yang menggunakan LNG di mesin campuran gandanya untuk menggerakkan kapal di pelabuhan dan laut lepas. LNG akan disimpan di kapal dan digunakan untuk menghasilkan kekuatan hingga 100 persne di laut. Itulah inovasi industri untuk Carnival Corporation dan merknya. Ke empat kapal akan dikirim antara tahun 2019-2022.

6. Scheldt River – Kapal Pengeruk Berbahan Bakar Ganda Pertama di Dunia

lokerpelaut.com

wartsila.com

Scheldt River adalah generasi baru kapal keruk kelas Antigoon yang dibangun oleh Royal IHC (IHC) di Belanda atas nama DEME Group, Belgia dan akan digerakkan oleh Mesin Bahan Bakar Ganda Wartsila. Beroperasi dengan LNG memungkinkan DEME mengatur standar baru dalam mengurangi emisi berbahaya. Scheldt River akan dengan mudah memenuhi seluruh peraturan lingkungan lokal dan internasional.

Kapal sepanjang 104 meter ini akan memiliki kapasitas volume hingga 8.000 meter kubik. Cakupan suplai termasuk dua buah mesin Wartsila 34DF masing masing dengan 12 silinder dan 9 silinder yang merupakan dua mesin penggerak dari Wartsila yang dapat dikendalikan dan dua penggerak melintang serta sistem penyimpanan dan suplai gas LNGPac yang telah dipatenkan oleh perusahaan tersebut.

Scheldt River akan menjadi kapal pengeruk pertama yang memiliki mesin pengguna LNG dan bahan bakar laut konvensional.

7. Rem Eir – Kapal Suplai Anjungan (PSV) Berbahan Bakar LNG Terbesar di Dunia

rem-air-lokerpelaut

Rem Eir, adalah kapal Suplai lepas pantai dengan bahan bakar gas terbesar di dunia, kapal yang dibangun di galangan kapal Kleven Vreft adalah milik Remoy Shipping. Kapal ini dirancang oleh Wartsila Ship Design, dengan panjang 92,5 meter, lebar 20 meter, dimana luas/kapasitas deknya hingga 1080 square meter, Rem Eir menjadi kapal PSV berbahan bakar LNG ramah lingkungan terbesar di dunia. Kapal tersebut telah memasuki tahap kontrak jangka panjang dengan Statoil.

8. Kapal Feri RORO Berbahan Bakar LNG Terbesar di Dunia

marineinsigh.com

marineinsigh.com

Kapal feri RORO berbahan bakar LNNG terbesar di dunia dipesan oleh pemilik kapal asal Australia, SeaRoad, dan saat ini tengah dibangun di galangan kapal Flensburger-Schiffbau-Gesellschaft (FSG), Jerman. Dengan panjang 1811 meter, kapal tersebut menjadi kapal feri RoRo terbesar yang digerakkan oleh LNG dan kapal feri pertama yang dibangun oleh FSG.

Paket peralatan akses kargo RoRo secara keseluruhan yang terdiri dari dua ramp buritan/pintu, satu penutup ramp, satu ramp akses, dan dua pintu pilot/bunker serta layanan pemasangannya akan dikirimkan oleh MacGregor, bagian dari Cargotec.

FSG mengatakan kapal tersebut akan memiliki kemampuan membawa kargo yang fleksibel dan mampu mengakomodasi peti kemas, termasuk lemari pendingin, trailer, mobil, kargo berbahaya, dan ternak.

9. Kapal Semen Dengan Bahan Bakar LNG Pertama

ferus-smit.nl

ferus-smit.nl

Kapal semen berbahan bakar LNG pertama akan dibangun di galangan kapal Ferus Smit untuk Erik Thun AB dan akan dikirimkan ke JT Cement. Sistem kargo kapal tersebut terdiri dari sistem pemuatan dan penurunan semen otomatis berdasarkan pencairan semen menggunakan udara terkompresi.

Ruang penyimpanan kargonya tertutup rapat mirip kapal tanker demi menjamin kegiatan operasi yang bebas debu dan ramah lingkungan serta memungkinkan kapal memuat dan menurunkan semen di berbagai kondisi cuaca. Peralatan penanganan kargo mampu menurunkan semen hingga 500 meter kubik per jam. Kapasitas kargo sekitar 7200 DWT dengan panjang 109,65 meter dan lebar 14,99 meter.

10. Kapal Pengeboran Berbahan Bakar LNG Pertama di Dunia

header-drillships

Kapal pengeboran berbahan bakar LNG pertama di dunia akan dibangun di Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Korea Selatan di bawah proyek kerjasama pengembangan (JDP) dengan ABS.

DSME telah melakukan desin konsep serta membandingkan kedua tipe tangki penyimpanan LNG dan analisis sistem suplai gas bahan bakar yang akan dipasang di kapal pengeboran tersebut. Cakupan kerja ABS meminta evaluasi desain konsep, review rekayasa dasar, dan penilaian resiko ruang tangki dan area akses, sistem suplai gas bahan bakar, ruang permesinan dan area akses, serta konfigurasi lainnya.

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76