Fitur -Fitur Operasional Generator Yang Harus Di Ketahui

Desain Generator dan Fitur Operasional yang Harus di Ketahui

generatorsUntuk Seorang engineer di kapal, wajib baginya belajar memahami dan menguasai operasi dan prosedur pemeliharaan mesin generator yang menjadi tanggung jawabnya

Kita kadang menemukan berbagai jenis generator dengan fitur konstruksi dan operasional yang berbeda selama bekerja di kapal. Oleh karena itu penting bahwa seorang engineer/masinis tahu dasar-dasar luar dalam dari sistem mesin ini.

Di bawah ini adalah daftar dari beberapa fitur konstruksi yang tidak begitu umum dikenal pada generator kapal dan beberapa prosedur yang kadang diabaikan padahal penting, hal ini sering tidak dibahas atau diajarkan dalam sesi pelatihan atau tertera dalam buku teknik mesin mesin kapal, seperti :

1. Air Start Motor (Motor Udara Start)

Generator modern dilengkapi dengan air start motor, yang pungsi nya untuk menyuplai udara start ke ruang bakar. Motor ini akan melepaskan diri setelah RPM naik mencapai sekitar 70- 90 RPM tergantung pada masing pabrk pembuatnya. Dalam keadaan darurat atau mati listrik (black out), switch kecil atau tombol, disediakan di atas motor untuk menghidupkan generator .

Air-start-motor

2. Fitur Pembersih Filter Oli( Oil Filter Cleaning )

Ini adalah filter duplex pembersih oli yang terdapat pada pipa minyak pelumas. Dalam beberapa generator, filter ini dilengkapi dengan fitur pembersihan cepat yang dapat dijalankan dalam situasi darurat atau ketika tekanan minyak pelumas rendah. Gagang pergantian filter diputar/digerakan ke sana kemari beberapa kali, gerakan ini menyebabkan efek pembersihan pada filter sehingga timbulnya peningkatan tekanan pada minyak pelumas.

3. pipa Telescopic/Telescopic pipe

Susunan umum pipa telesccopic adalah untuk memasok minyak pelumas ke piston pada mesin utama 2 tax. Beberapa generator (misalnya Daihatsu dll) dilengkapi juga dengan pipa teleskopik yang terhubung ke dalam piston untuk pelumasan. Sewaktu membongkar(overhaul) generator jangan lupa untuk melepaskan pipa teleskopik sebelum membuka piston.

4. Fuel pump block and floating shaft

Ini adalah salah satu fitur konstruksi yang unik dari generator seperti SKL dimana pompa bahan bakar dipasang di bagian terpisah (fuel pump block) dan terhubung ke generator melalui floating shaft untuk mengerakakan pompa.

5. Isolasi karet

Beberapa generator dengan output daya tinggi memiliki pengaturan gesekan pad kopling untuk menghubungkan poros penggerak utama dan roda gila. Tidak ada baut yang dipasang untuk ini, tetapi hanya gesekan pad karet yang memegang roda gila dan poros benggerak bersamaan

Isolation-rubber-300x218

6. Generator lama tidak jalan
Jika generator direncanakan shutdown untuk waktu yang lama (misal 3 bulan atau lebih) adalah bijaksana untuk menggunakan semprotan anti-karat pada permukaan liner dan bagian bergerak lainnya dari generator.

7. katup Indikator (indikator cokc)
Saat mengambil kinerja generator, indikator cock harus dibuka. Hal ini penting, semua indikator cock harus dalam posisi terbuka penuh. Jika indikator cock setengah/sedikit terbuka, kecepatan tinggi campuran panas pembakaran yang keluar dari ruang pembakaran itu bisa merusak katup dan dudukan katup.

8. Cold Start (kondisi dingin)

Pada kondisi dingin, jika generator menolak untuk di start dengan berbagai cara, buka katup indikator dan menghidupkan mesin dengan memutar roda gigi dengan pompa minyak pelumas dijalankan. Ini akan menghilangkan akumulasi bahan bakar dari silinder dan menghindari ledakan dari pukulan balik, yang dapat merusak bagian-bagian ruang bakar atau bahkan menyebabkan kecelakaan.

9. Kran Cerat Air manifold

Dalam kondisi di mana kemungkinan akumulasi kelembaban tinggi, katup cerat manifold udara harus dibuka hingga 1/4 putaran setiap saat bahkan ketika generator sedang berjalan. Ini akan memastikan semua air yang dikumpulkan karena kelembaban dikeringkan dan kerusakan pada silinder mesin dicegah.

10. Injeksion Valve (injector )

Efisiensi generator terutama tergantung pada kondisi injector, yang perlu selalu ditest tekanannya dan di servis secara teratur sesuai jam kerjanya. dengan rutin perawatan seperti mengganti nosel injektor yang sudah mengalamin keausan dll, adalah sangat penting untuk untuk menghasilkan pengabutan yang optimal

Harap dicatat bahwa beberapa fitur yang terdapat di atas belum tentu ada dalam setiap model generator kapal. biasakan baca manual genset sebelum melakukan langkah apapun dalam pemeliharaan atau saat mengoperasikan generator, jika teman belum paham. (sumber : marineisigh.com)

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76