Desain Konsep Kapal Masa Depan

Spread the love

Desain Konsep Kapal Yang Inovatif  Yang di Perkenalkan  Pada Tahun 2014.

1. Revolt – Konsep Kapal Tak Berawak

revolt Pada bulan September 2014, DNV GL memperkenalkan konsep kapal masa depan tak berawak  yang di beri nama “Revolt”, ini adalah konsep kapal yang ramah lingkungan, lebih pintar dan lebih aman daripada kapal kapal konvensional berbahan bakar diesel.

Revolt memiliki sistem automatik, tenaga nya menggunakan tenaga battere penuh dan sangat efisien – “Revolt” adalah konsep kapal baru yang menawarkan solusi terhadap meningkatnya kebutuhan kapasitas daya angkut kapal.

Kapal ini memiliki kecepatan sekitar 8,7 knot. tapi karena  masih kurang  daya tahannya terhadap air di bandingkan dengan kapal-kapal lain, kecepatan rata-ratanya menjadi 6 knot. Dengan tidak adanya crew, maka tidak diperlukan bangunan berbagai fasilitas untuk awak di kapal ini.

Dengan peningkatan kapasitas muatan, serta biaya operasi dan perawatan yang rendah, jika dibandingkan dengan kapal yang berbahan bakar diesel-“Revolt” bisa menghemat biaya hingga 34 Juta USD selama estimasi 30 tahun- batas usia kapal ini.

“Revolt” didukung oleh 3000 kWh battere(Aki).  Hal ini akan mengurangi biaya operasional dan meminimalkan tingginya biaya pemeliharaan seperti komponen rotasi. Revolt memiliki daya jelajah 100 mil laut, sebelum batere perlu diisi kembali. Jika energi yang dibutuhkan untuk itu dimanfaatkan dari sumber yang baru, maka akan menglenyapkan emisi dari gas karbon dioksida

Saat ini Revolt masih dalam uji coba, tapi dengan teknologi yang ada saat ini, Membangun dan mengoperasikan kapal ini adalah sangat mungkin

revolt

2. Skybench: Konsep Baru Untuk Meningkatkan Kapasitas Kapal Kontainer

Hyundai Heavy Industries meluncurkan Skybench pada September 2014 – sebuah desain baru yang dapat meningkatkan kapasitas kapal kontainer. Konsep ini dipatenkan  untuk setiap kapal kontainer besar dengan twin-island (palka depan belakang) yang dapat memperbesar kapasitas kargo sebnyak 450 teu pada 23-baris lebar kapal 19.000 teu dan  350 teu pada 20-baris lebar kapal 14.000 teu

Ruang untuk kontainer tambahan dapat dilakukan dengan menggeser tiga deck paling atas area akomodasi kapal kontainer, sehingga tercipta tempat kargo tambahan. Blok akomodasi terletak di dua sisi  ruang kapal, yang panjang membentang dan di mana sekoci, crane dan ruang utilitas terletak

Skybench

3. Rolls-Royce – Kapal Yang Di Desain Tampa Awak

Pada tahun 2014, Rolls-Royce meluncurkan desain kapal kargo tak berawak yang dikendalikan memakai remote control, pertama di dunia. Konsep kapal kargo tak berawak ini  adalah kapal tanpa awak yang dapat dikendalikan dari pantai. Proyek ini dikembangkan bekerja sama dengan sebuah proyek penelitian yang disebut Munin (Maritime Unmanned Navigation through Intelligence in Networks) yang didukung oleh Komisi Eropa dan bertujuan untuk mengembangkan dan menguji konsep kapal yang auto..

unmanned1

4. Desain Kapal Induk Angakatan laut Inggris Oleh BMT

BMT Nigel Gee (BMT), bermitra dengan Sigmund Yacht Design, merilis sebuah desain konsep yang berani untuk membangun kembali kapal induk kelas Invincible kerajaan inggris, HMS Illustrious yang akan dipensiunkan dari dinas nya tahun ini.

‘Illustrious’

5. Bulk Carrier Masa Depan Desainnya Terinspirasi Dari Bunga Lotus

Ecoships memperkenalkan desain bulk carrier generasi masa depan , yang dikembangkan untuk menetapkan standar pada transportasi laut yang ekologis kompatibel. Kapal ini terinspirasi dari bunga lotus yang  sedikit bersinggungan  pada aliran air dan sifatnya yang bisa membersihkan diri sendiri- yang adalah merupakan simbol kemurnian dan keindahan dalam filsafat Hindu dan budha – Ecoships ‘Greenlotus 32, ukurannya 32,500dwt , memiliki palka lebar , untuk muatan curah, dirancang untuk memenuhi peraturan mengenai emisi CO2 (karbon dioksida) NOx (nitrogen oksida) dan SOx (oksida belerang) yang ada di masa depan.

green-lotus-32-low-res

6. Konsep Ferry Dari Wartsila Yang Inovatif Dan Ramah Lingkungan

Wartsila terpilih sebagai mitra untuk merancang sebuah feri baru sebagai bagian dari ‘Midway Alignment Bothnian Coridor’ proyek tahun ini. Feri dirancang untuk berlayar antara Vaasa di Finlandia dan Umeå di Swedia menyebrangi Teluk Bothnia di laut Baltik. Rancanganan nya juga akan memperhitungkan kebutuhan terhadap fleksibilitas operasional dan tuntutan transportasi pada rute ini, karena kondisinya yang berbeda dari musim yang satu ke musim lainnya.

ferry1

7. Tanker Aframax Model Baru – Rancangan Wartsila’s

Solusi baru yang praktis dan sangat efisien, Tanker Aframax terbaru ini diwacanakan dapat memenuhi undang-undang emisi saat ini dan yang akan datang, rancangan ini di perkenalkan oleh Wartsila pada pameran Posidonia 2014 di Athena, Yunani.

Rancangan Aframax model baru ini mengutamakan efisiensi energi sehingga menghasilkan biaya operasi yang lebih rendah dan peningkatan kinerja lingkungan. Bagian bagian Bentuk lambung dioptimalkan untuk meminimalkan resistensi, dan proses pembakaran juga dioptimalkan dengan perangkat hemat energi (ESDS) untuk efisiensi yang lebih besar. Penghematan bahan bakar telah menjadi fokus utama selama pengembangan desain ini, begitu juga pengujian signifikan terhadap garis lambung dan pengujian tangki oleh CFD telah berhasil, dan menghasilkan desain yang sangat kompetitif.

aframax-tanker

8. Konsep Kapal Pengeboran PROXIMA

Fincantieri offshore memperkenalkan konsep drillship PROXIMA – desain yang revolusioner dengan sistem pengeboran inovatif terdiri dari dua menara berbentuk silindris teleskopik dan drillfloor terbuka terbesar saat ini.

Rancangan kapal yang inovatif yang secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan proses pengeboran, maupun ergonomi daerah operasional. Selain itu juga menghasilkan efisiensi yang lebih baik, peningkatan keamanan, maupun kenyamanan terutama bagi orang-orang di atas kapal

drillship yang sangat powerfull dan ramah lingkungan, biaya operasi nya yang lebih rendah dengan  jam kerja pengeborannya lebih banyak dalam setahun , sehingga membantu perusahaan minyak dan Kontraktor pengeboran untuk meningkatkan rencana bisnis mereka.

Proxima

Itulah info loker pelaut mengenai beberapa konsep kapal yang di luncurkan di tahun 2014, kekurangan nya tolong di betulan yaa  😳 (sumber:marineinsight dll)

 

Comments

comments

loading...