Beberapa Propulsion Sistem Yang Digunakan Di Kapal Laut

Awalnya hanya ada beberapa propulsion sistem ( sistem penggerak) yang dipakai pada kapal laut, tapi sekarang ini sudah ada beberapa propulsion sistem yang inovatif yang digunakan sebagai penggerak utama kapal laut.

Perencanaan system penggerak utama kapal saat ini bukan hanya tentang bagaimana agar kapal bergerak mulus di air, tetapi juga di desain untuk memiliki standar keamanan yang lebih baik bagi ekosistem laut maupun dari segi efisiensi biaya yang dikeluarkan

Inilah Beberapa jenis sistem propulsi yang digunakan di kapal

Diesel Propulsion System :

sistem pengerak dengan mesin diesel adalah yang paling umum digunakan saat ini, . sistem penggerak diesel telah digunakan di hampir semua jenis kapal termasuk kapal-kapal kecil dan kapal pesiar.

lokerpelaut.com

Tenaga Penggerak Angin :

Tenaga penggerak angin muncul sebagai pengganti alternatif terhadap sistem penggerak kapal saat ini yang mengeluarkan sejumlah besar gas CO2 di atmosfer laut. Namun, penggunaan penggerak turbin angin belum dibuat secara luas di kapal komersial besar karena membutuhan hembusan/tiupan angin yang harus konstan.

Dua sistem penggerak angin yang ada saat ini- yaitu dengan penggerak layang-layang/parasut dan penggerak layar untuk kapal niaga.

skysails11

Sistem Penggerak nuklir:

Sistem penggerak tenaga nuklir telah dipakai pada kapal-kapal angkatan laut, sistem ini menggunakan proses fisi nuklir, sistem penggerak nuklir adalah sistem yang sangat kompleks yang terdiri dari reaktor air dan peralatan lainnya.

Selain itu Reaktor nuklir ini juga digunakan sebagai sumber tenaga listrik untuk kapal. Saat ini beberapa kapal dagang juga sedang di rancang/di rencanakan  memakai  sistem propulsi tenaga nuklir ini

sistem-penggerak-nuklir

Tenaga Penggerak Turbin Gas 

Penggerak turbin gas digunakan untuk kapal angkatan laut serta non-angkatan laut. Pada kapal angkatan laut, turbin gas sistem membuat kapal perang dapat berlayar dan berolah gerak secara cepat, yang sangat dibutuhkan dalam pertempuran/perang

gas-turbin

lokerpelaut

 

Bahan Bakar Gas atau Tri Fuel Propulsion:

Bahan bakar LNG kini dimanfaatkan untuk bahan bakar mesin utama, sebelum nya mesin ini sudah di lakukan beberapa modifikas, sehingga dapat mengurangi emisi gas buang dari kapal. sistem penggerak ini dikenal sebagai sistem penggerak tiga jenis bahan bakar (Tri Fuel Propulsion ) karena mesin utama ini dapat memakai bahan bakar gas, diesel dan Bahan bakar berat.

lokerpelaut.com

 

Diesel-Electric Propulsion:

Secara sederhana, sistem penggerak kapal gabungan diesel-listrik menggunakan kombinasi generator yang dioperasikan oleh tenaga listrik . Teknologi ini telah digunakan sejak awal 1900-an, beberapa kapal selam dan kapal niaga juga menggabungkan sistem propulsi diesel-listrik sebagai mesin penggerak nya

gabungan-mesin-diesel-electrik

Solar Propulsion system :

Penggerak kapal dengan Tenaga surya dipergunakan untuk pertama kalinya pada tahun 2008. Sistem propulsi dengan tenaga surya sangat besar manfaatnya karena dapat mengurangi emisi karbon dioksida yg beracun. propulsions tenaga surya ini mampu menghasilkan kapasitas nya sebanyak 40 kilowatt (kW).

solar-sistem

Fuel Cell Propulsion:

Sistem penggerak  Sel bahan bakar adalan sistem yang menggunakan hidrogen sebagai komponen bahan bakar utama. Listrik dihasilkan dalam sel bahan bakar tanpa pembakaran apapun. Proses ini amat bersih dan karena itu dianggap sebagai salah satu alternatif peganti sistem penggerak kapal. Ada berbagai jenis propulsi dari sistem propulsi sel bahan bakar ini, seperti PEM (Photon-Exchange-Membran) dan sistem cair-karbonat.

ship-fuel-cell

lokerpelaut.com

 

Water-Jet Propulsion:

Dalam dunia pelayaran sistem Water/air-jet telah lama digunakan yaitu sejak tahun 1954. Keuntungan yang paling penting dari air-jet adalah bahwa sistem tidak menimbulkan polusi suara dan menawarkan kecepatan tinggi untuk pergerakan kapal. Sebaliknya air-jet ini juga memerlukan biaya sangat mahal untuk perawatannya sehingga dapat menyebabkan masalah bagi pemiliknya.

lokerpelaut

water-jet

Steam Turbine Propulsion/Turbin Uap:

Penggerak Turbin uap ini menggunakan batubara atau bahan bakar lainnya sebagai bahan bakar boiler/Ketel Uap, uap yang di hasilkan ketel uap ini nnti nya digunkan untuk memutar turbin. Tenaga penggerak turbin uap sangat banyak di gunakan antara akhir abad 19 dan awal abad 20

img: wikipedia

img: wikipedia

turbin-uap

 

Comments

comments

loading...

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home3/baduy24/public_html/wp-content/plugins/wp-socializer/services/social_buttons.php on line 76