Bagian-Bagian Dari Kompressor Udara Di Kapal

Spread the love

Ini sedikit ulasan dari loker pelaut mengenai kompresor udara yang ada di kapal, yah mungkin bagi sebagian orang udeh banyak yang paham isi perut kompresor udara, tapi mungkin ada sebagian lagi juga yang  belum tahu ya, jadi mudah2an artikel ini bisa berguna bagi mereka-mereka yang pengen tau kompresor udara ini

air-compressor-air

Bagian Bagian dari Air Compressor

Kompresor Udara di kapal adalah  salah satu mesin bantu penting untuk berbagai keperluan dan aktivitas di kapal, seperti untuk menghidupkan mesin induk kapal,  membatu pekerjaan yang menggunakan tekanan udara dll.  Karena itu kompresor udara juga membutuhkan perawatan khusus dan rutin. Dalam artikel ini loker pelaut cuma membahas sedikit dasar-dasar dari kompresor udara terutama mengetahui dan mengenal bagian-bagian dari mesin tersebut.

air compresor

Bagian Utama Dari Kompresor Udara Adalah

1. Silinder Liner

Liner nya terbuat dari besi cor berkelas dan dilengkapi dengan jaket air di sekitarnya untuk menyerap/meredam panas yang diakibatkan selama proses kompresi. Liner nya dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menurunkan tekana udaranya menjadi tekanan minimum.

2.  Piston/Torak

Untuk Jenis Kompressor non-pelumas, piston nya di buat dari paduan aluminium alloy sedangkan untuk jenis yang menggunakan pelumas, Piston nya terbuat dari besi cor, yang dilengkapi dengan ring piston.

3. Piston Rod/Batang Torak

Piston Rod/Batang Piston terbuat dari campuran baja, dilengkapi dengan ring anti gesekan untuk mencegah dari kemungkinan bocornya kompresi udara. Batang Torak (piston rod)
Berfungsi meneruskan gaya dari kepala silang ke torak.

4.Connecting Rod/Con Rod/ Batang Penghubung

Batang penghubung/connecting rod berfungsi sebagai penghubung piston dengan poros engkol / crank saft juga untuk meminimalkan daya dorong pada permukaan bantalan, meneruskan gaya dari poros engkol ke batang torak melalui kepala silang, batang penghubung ini harus kuat dan tahan bengkok sehingga mampu menahan beban pada saat kompresi. bahannya di buat dari baja tempa.

5. Big end Bearing and Main bearing

Bantalan-bantalan ini fungsi nya untuk membuat kokoh pada pada saat  terjadi gerak putaran pada mesin ini. Material nya terbuat dari campuran timah dan tembaga, jika perawatannya benar , bantalan-bantalan ini jam kerjanya bisa panjang, misalnya jika menggunakan jenis pelumas dan waktu2 penggantian di lakukan sesuai manualnya .

Air-Compressor-Spare-Parts-265x300

6. Crank shaft/Poros Engkol

Poros engkol dirancang menjadi satu bagian , dilengkapi counterweights/penyeimbang untuk menjaga keseimbangan dinamis selama berputar dengan kecepatan tinggi dan mencegah putaran melenceng karena gaya puntir yang besar. Connecting Rod, bantalan akhir dan bantalan utama semua terhubung ke poros engkol, crank pin dan jurnal pin dibikin licin untuk membuat bantalan berumur panjang.

7. Frame dan crankcase (Kerangka)

Biasanya berbentuk persegi panjang dan mengakomodasikan semua bagian yang bergerak, sehingga di buat dari besi cor yang kuat.Fungsi utama adalah untuk mendukung seluruh beban dan berfungsi juga sebagai tempat kedudukan bantalan, poros engkol, silinder dan tempat penampungan minyak dan dibuat dengan presisi tinggi untuk menghindari eksentrisitas atau misalignment/miring.

loker-pelaut

8. Pompa Oli/Oil Pump

Pompa minyak pelumas ini berfungsing untuk memasok minyak pelumas untuk semua bantalan, yang di gerakan oleh rantai atau hubungan antar gear, yang terhubung dengan poros engkol. Tekanan minyak dapat diatur dengan cara mengatur putaran, pada regulator semacam baut yang disediakan di pompa. Sebuah filter oli sebelum pompa juga dipasang untuk menyaring dan partikel2 yang bisa merusak bantalan.

9.  Pompa Air Pendingin

Pada Beberapa kompresor  terpasang pompa pendingin air yang digerakan oleh crankshaft mengunakan rantai atau gear(roda gigi), tapi ada juga sistem yang tidak dilengkapi pompa pendingin yang terpasang di body, tetapi menggunakan pasokan air dari sistem pendinginan utama atau tambahan.

10.  Suction dan Discharge Valve(Katup Isap Dan Tekan)

Ini adalah katup multi-plate(piringan yang bertingkat) yang terbuat dari stainless steel dan digunakan untuk menghisap dan menekan sejumlah udara dari satu tahap ke tahap lainnya lalu masuk ke tanki udara. Pemasangan yang tepat dari katup ini sangat penting supaya operasi kompressor menjadi efisien.

air compressor valve

klep kompresor udara

11. Suction Filter ( Filter Udara Masuk)

Ini adalah filter udara terbuat dari tembaga atau baja lunak dengan bahan kertas agar dapat menyerap minyak, sedangkan wire mesh untuk mencegah partikel logam atau debu supaya tidak masuk ke dalam ruang kompresi.

12. Inter Coolers

Inter-Coolers biasanya dipasang di antara dua tahapan untuk mendinginkan suhu udara dan meningkatkan efisiensi volumetrik kompresor. Beberapa kompresor telah dilengkapi tabung tembaga/chopper tubes yang menyatu untuk pendinginannya dan beberapa lagi model inter coolers nya ini ada yang terpasang di luar

13. Driving motor

Sebuah motor listrik terkonek ke kompresor menggunakan V-Belt atau kopling   untuk membuatnya berjalan dan di lengkapi juga dengan roda gila.

air_compressor

Pada kompresor udara kapal, bagian2 nya bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan sistem di kapal tersebut. ( dari berbagai sumber )

Comments

comments

loading...